Wednesday, March 7, 2012

RUMUS VOLUME KERUCUT

ads
Rumus volume kerucut secara umum adalah 1/3 dikali luas alas dikali tinggi. Menurut saya pribadi apa yang membedakan antara kerucut dengan limas hanyalah bentuk alas. Dimana pada kerucut alasnya berbentuk lingkaran sedangkan pada limas berbentuk segitiga ataupun segi lainnya. Untuk rumus volume keduanya mempunyai rumus yang sama. Jika anda pernah melihat topi pak tani yang sering mereka pakai pada saat ke sawah maka topi tersebut bisa disebut berbentuk kerucut. 

Baik kerucut ataupun limas merupakan bangun ruang yang pembentukannya adalah dengan menarik garis keliling alas ke atas serta mengkerucut sehingga akan bertemu pada ketinggian tertentu. Tapi jangan heran jika pernyataan ini belum pernah anda dengar sebelumnya, ini karena itu hanyalah menurut pendapat saya pribadi. Mungkin anda mengartikan dalam susunan kata-kata lain sesuai pemahaman anda.

Rumus Volume Kerucut


Rumus luas permukaan kerucut adalah L = \ LuasLingkaran + LuasSelimut
     = \pi r^2 + \pi\cdot r\cdot s, atau
     = \pi r\cdot (r + s)

sedangkan untuk rumus luas selimut kerucut adalah L = \pi\ r\ s

Untuk mencari panjang s anda bisa menggunakan rumus phytagoras pada segitiga siku-siku. Dimana s adalah sisi miring, t adalah tinggi dan r adalah alas. Setelah panjang s sudah anda temukan maka barulah luas permukaan kerucut dan luas selimutnya bisa anda temukan.


Sepertinya otak saya juga sudah mengkerucut untuk bisa memberikan penjelasan mengenai materi bangun ruang satu ini. Maklum rokok saya sudah habis dan hari sudah menjelang sore. Coba anda pikirkan apa-apa saja benda yang ada disekitar kita yang mempunyai bentuk seperti kerucut. Topi pak tani salah satunya...haha.
ads

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © jumprut
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo