Saturday, June 23, 2012

Puisi Rindu Buat Pacar Yang Lama Tak Bertemu

ads
Puisi Rindu Buat Pacar. Pernahkah anda membuat puisi rindu buat pacar karena sudah lama tidak bertemu dengan orang yang sangat anda cintai itu. Saya rasa walaupun puisinya amburadul dan tidak seindah buatan para pujangga dan penyair tetapi anda pernah membuatnya. Contohnya pada saat anda mencoret-coret secarik kertas dengan kata-kata mutiara yang bermakna kerinduan. Satu dua kalimat itu juga sudah mewakili bahwa anda sedang berusaha mengungkapkan perasaan anda melalui puisi.

Memang selain kisah cinta yang tak sampai, kisah lainnya yang berpeluang besar menyebabkan orang membuat puisi yaitu adanya kerinduan terhadap seseorang. Penyebab utama tumbuhnya rasa rindu yaitu karena sudah lama tak bertemu. Tapi ada juga baru satu hari tidak ketemu tetapi rindunya sudah setengah mati. Ini kalau anda sedang jatuh cinta. Dan cinta anda termasuk dalam kategori cinta mati. Ha..haha..ha.. jangan tertawa, karena jika anda tertawa artinya anda termasuk salah satunya. Tapi tolong jangan sedih disini karena anda sedang membuat puisi cinta yang tak tersampaikan.

Yang menyedihkan jika rindu kepada orang yang sudah tiada. Saran saya untuk kasus ini yaitu supaya anda jangan sering-sering terbawa perasaan dan membuat rangkaian syair-syair atau puisi-puisi yang akan membawa anda terjatuh dalam jurang kesedihan. Tetapi jika anda rindu pada seseorang yang telah tiada karena budi baiknya, itu sah-sah saja menurut saya. Seperti rindu pada seseorang yang menjadi suri tauladan yang baik dan pemimpin yang bijaksana. Kalau dikaitkan dengan agama, maka kita sebagai muslim tentunya ada perasaan rindu dengan junjungan nabi besar kita Muhammad SAW. 

Belajar membuat puisi walaupun tidak sebagus puisi karya Amir Hamzah atau Khalil Gibran. Semenjak duduk di bangku sekolah dasar, kita sudah diajari untuk belajar membuat puisi. Walaupun bukan semata-mata mengenai rasa cinta dan rindu. Banyak alasan orang untuk membuat puisi. Salah satunya karena mengagumi keindahan alam, atau bisa juga karena rindu terhadap Sang Pencipta. Lucunya dulu waktu masih kecil, jika kita membuat puisi maka akan diminta oleh guru untuk membacakannya di depan kelas. Seingat saya puisi-puisinya banyak menggunakan kata-kata biasa dan jarang sekali menggunakan kata-kata yang kaya dengan kiasan. Ini karena anak kecil masih kurang perbendaharaan kata.

Jadi, puisi Khalil Gibran atau Amir Hamzah adalah memang sangat bagus. Masalah bagus atau tidaknya sebuah puisi saya tidak bisa menjawabnya. Karena saya bukanlah salah satu dari mereka. Tapi yang penting dengan puisi tersebut, pesan-pesan atau perasaan yang terpendam bisa tersampaikan. Pada postingan ini saya juga tidak akan menyuguhkan contoh-contoh puisi rindu karya khalil gibran, karena rasa sudah sangat banyak bila anda mencarinya di internet. Termasuk juga puisi karya dari Amir Hamzah.

Apakah puisi yang anda pernah buat adalah puisi rindu kepada orang tua atau puisi rindu untuk pacar. Saya yakin sekali bahwa kebanyakan kita lebih suka membuat puisi untuk pacar dibanding orang tua. Penyebabnya mungkin karena secara tidak kisa sadari bahwa hati ita tidak khawatir akan kasih sayang kedua orang tua kepada kita. Tetapi dengan pacar banyak hal-hal indah yang berkaitan dengan perasaan cinta, yang tentunya meransang anda untuk mengungkapkannya lewat puisi.

Kecuali jika anda membuat puisi rindu kepada orang tua yang sudah tiada. Kalau orang tua sudah tiada maka hal sangat wajar jika kita membuat puisi sebagai ungkapan rasa rindu akan cinta dan kasih sayang mereka terhadap kita. Seperti cahaya matahari terhadap bumi, tiada terhenti selalu menyinari. Itu mungkin salah satu kata-kata mutiara mengenai besarnya kasih sayang orang tua terhadap anaknya.

Puisi untuk pacar atau kekasih biasanya kita buat pada saat kita akan menyatakan cinta (menembak si doi). Terkadang bukan karena sudah lama tak bersua atau bertemu, seseorang membuatkan puisi rindu untuk pacarnya. Ya, walaupun ada mungkin tidak seberapa. Apalagi sudah banyak media komunikasi yang bisa digunakan sebagai pelepas rindu. Tapi kalau dalam usaha menyatakan cinta, ini ceritanya lain. Punya handphone kita gunakan untuk mengirimkan sms yang berisikan tentang puisi-puisi rindu dan cinta kepada calon pacar.

Anda boleh setuju atau tidak setuju dengan pernyataan saya berikut. Yaitu rasa rindu kita akan sangat memuncak pada saat-saat kita akan menyatakan cinta kepada seseorang calon pacar kita. Mungkin bisa dikatakan masih dalam masa-masa anda akan menembaknya. Dalam kondisi yang seperti ini, jangankan waktu sebulan, sehari saja tak bertemu akan membuat rasa rindu anda begitu bergelora. Ha..ha...seperti sudah pengalaman aja nih.

Jadi, sekarang mana puisi rindu untuk pacar. Sorry gan kalau ane terlalu banyak bicaraya, maklum supaya ne artikel bisa diperingkat bagus sama om google dan anda sekalian bisa jodoh untuk membacanya. Mungkin puisi kali ini bukan karya ane pribadi, tapi ane rangkum dari beberapa puisi rindu yang menurut ane bagus yang ada di internet. Berikut puisi rindunya :
  • Perlahan mulai pupus
  • Kelam terasa di dalam
  • Hatiku digilas waktu
  • Kepedihan yang begitu menyiksa
  • Bagai tersayat-sayat sembilu
  • Hanya pada mu sehelai kertas putih
  • Kucurahkan segalanya
  • Sedih dan tawaku, cinta dan rinduku
  • Karena memang kaulah segalanya bagiku
Puisi rindu untuk kekasih yang jauh ini juga lucu,
  • Tahukah adek yang kucinta dan kusayang
  • Semenjak kau pergi saat itu
  • Untuk mengejar cita-citamu
  • Satu detik bagaikan satu hari
  • Satu hari bagaikan satu tahun
  • Dan satu tahun bagaikan seumur hidupku
  • Itulah perumpamaan waktu bagiku jika adek hendak ingin tahu (ini misalnya ente lagi buat candaan untuk pacar ente dan mengirimkan via sms)

Ini puisi rindu sambil menyatakan cinta pada pacar. Tapi anda pertimbangkan dulu ya, apakah cocok untuk anda try pada kondisi anda. Maklum yang ini karya sendiri, dan belum dapat uji coba kelayakan. Tapi kalau ente rasa oke dan keren, ente boleh pakai ini puisi.
  • Betapa senangnya aku hari ini
  • Bagaikan katak yang menari karena datangnya hujan
  • Atau mata bayi yang matanya berkaca-kaca melihat kehadiran induknya
  • Tahukah kalian semua apa sebabnya
  • Itu karena hari ini
  • Kudengar lagi suaramu
  • Jadi katakanlah sekarang apa yang hendak kudengar. (...jiiahhhh, misalnya : agan lagi nelpon doi yang udah lama ga ketemu, sekalian nembak).
Puisi rindu untuk orang tua khususnya untuk ayah, dari penggalan lagu Ebiet G Ade. Jika anda penggemar berat penyanyi berciri khas satu ini, maka anda sama dengan saya. Saya juga salah satu orang yang sangat menyukai ebiet dengan lagu-lagunya. Menurut saya lagu-lagu ebiet itu adalah puisi-puisi yang dinyanyikan.
  • Ayah..dalam hening sepi ku rindu
  • Untuk menuai padi milik kita
  • Tapi kerinduan, tinggal hanya kerinduan
  • Anakmu sekarang banyak menanggung beban
Wahh.. kalau dengan syair lagu ini, ane rasanya kena banget. Empat kalimat sederhana diatas ternyata menciptakan makna yang sangat dalam. Itulah ciri puisi yang indah, yaitu mengandalkan tautan antar kalimat yang sederhana. Tetapi karena susuan yang tepat, kalimat sederhana bisa menciptakan makna yang dalam. Kemudian, puisi seperti ini akan mudah teresapa oleh hati karena mudah dicerna. Yang saya suka dari lirik-lirik lagu ebiey yaitu karena banyak mengandung nasehat.

Oke sob dan agan-agan, waktu sudah menunjukkan tengah malam, ane mau istirahat dulu. Ane rasa puisi rindu buat pacar dan orang tua karya ane sudah cukup. Tapi jika anda ingin membuat sendiri ya monggo wae. Kalau bagus masukkan ke komentar ya.

Saya punya usul untuk anda agar membuat karya puisi rindu yang terpedam atau yang terlarang untuk kekasih anda. Cinta yang terlarang itu kasus yang sangat menantang untuk dijadikan puisi. Tapi kira-kira anda paham tidak apa-apa saja yang terlarang dalam cinta. Atau apa yang membuat cinta antar dua anak manusia menjadi terlarang. Selain terlarang, buatlah juga tentang puisi cinta terpendam. Oke selamat mencoba.
ads

0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © jumprut
Blogger Theme by Blogger Designed and Optimized by Tipseo